Softskills Training

pt alfa dinamisPerusahaan yang ingin memajukan sumber daya manusia yang dimiliki tentunya akan mengikutsertakan karyawan mereka dalam berbagai macam pelatihan. Hal ini penting karena selain dapat meningkatkan skill dan kompetensi karyawan, pelatihan yang diikuti juga menjadi ajang pembuktian bahwa karyawan tersebut memang pantas direkrut oleh perusahaan.

Pelatihan pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard skill dan soft skill training. Hard skill training lebih banyak berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan yang ditekuni. Misalnya, untuk bagian keuangan diberikan pelatihan cara menghitung biaya, untuk bagian penjualan diberikan pelatihan selling skill, teknik presentasi, dan lain sebagainya. Hard skill training biasanya diberikan kepada karyawan di level staff dan pelaksana agar mereka memiliki kompetensi yang baik dalam teknis pekerjaannya.

Jika hard skill training lebih banyak mengulas tentang teknis pekerjaan, soft skill training lebih mengarah pada pengembangan SDM atau kemampuan mengelola manusia, seperti managerial skill, communication skill, leadership, networking, atau personal development. Soft skill training biasanya diberikan kepada pimpinan perusahaan yang memiliki anak buah agar mereka dapat menjadi pemimpin yang baik.

Namun demikian, setiap karyawan di level manapun sebetulnya membutuhkan kedua-duanya, baik hard skill maupun soft skill training. Hard skill training membuat seseorang semakin expert dalam pekerjaannya. Sementara soft skill training akan memoles orang tersebut agar dapat menampilkan hasil kerjanya secara excellent.